Come in with the Rain

Senin, 12 Mei 2014

Standar Sumbangan

Semua bermula saat kami – saya dan teman-teman di kantor – ngobrol selepas solat.  Dan wajarnya obrolan wanita yang berpindah-pindah topik pembicaraan, berpindahlah kami ke topik mengenai sumbangan untuk kado ulang tahun.

Dan tiba-tiba seseorang berujar “iya kalo sumbangan gitu gw suka ngeliatin isi amplop gedenya, masa ya, ya ampun padahal kita di kantoran, tapi ada aja gitu uang seribuan..”

And in my head I could hear a witch sound screaming like “WHAAATTTSSS???”

Bukan karena ikut kaget mendengar ada uang seribuan, tapi kaget karena MASIH ada orang yang bilang begitu. Hari gini. Tahun 2014.  Di mana Pluto sudah bukan lagi planet, dan bapak-bapak ceking model bokap gueh mo jadi presiden?? 

Maksudnya, oh come on..

Buat apa coba nyumbang 500 ribu kalo disebut-sebut, buat apa nyumbang sejuta kalo ga ikhlas, mending nyumbang seribu kan tapi ikhlas, ditambah doa ikhlas dari orang-orang yang baik.  Lagian, kalopun ada yang nyumbang seribu juga wajar kan, siapa tau yang ngasih seribu itu lagi bener-bener susah, dari yang gajinya pas-pasan misalnya, dan uang seribu itu mengurangi jatah makan siangnya hari itu.  Ok I might sound naïve, I might sound as bad as her because I spread her behavior, but forgive me, that conversation disturbed my head ever since, and I need to spit it out here.

And you know what I said to her?

“Lho, siapa tau dia nyumbang 51ribu, atau 101ribu, karena dia males aja megang seribuan, ato ngotor-ngotorin dompetnya, buat apa disimpen kalo ga dipake juga buat bayar angkot ato bayar parkir, udahlah kasih aja sekalian, gitu pikirnya.”


And her expression was like I just slapped her face with money.  And did I satisfy? Of course I did. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar